Bulan Hanya Lahir Sekali Saja

Bulan lahir cuma sekali dalam sehari, tidak mungkin berkali-kali. Jadi bulan yang kelihatan sudah lahir di Adelaide, dianggap juga sudah lahir di London ataupun San Diego, walaupun penduduk di kedua kota itu belum melihatnya secara langsung. Jadi bila penduduk London mulai melihat bulan baru, sebenarnya Hilaal telah wujud beberapa jam yang lalu di Adelaide. Jadi bulan baru dan Hilaal sama saja, walaupun secara literal berbeda.

Kalau masih tidak yakin, mari kita analogikan kelahiran bulan baru dengan kelahiran bayi baru. Bayi yang lahir di Adelaide pada jam 6.30pm, juga dianggap sudah lahir di London pada jam 10.15am dan di San Diego pada jam 2.00am. Sangat tidak masuk akal bila penduduk London itu mengatakan bahwa bayi itu belum lahir hanya gara-gara belum melihatnya. Sangat tidak mungkin, seorang bayi memiliki dua kelahiran yang berbeda hanya gara-gara ditinjau dari dua kota yang berbeda waktu.

Jadi kalau kita perhatikan gambar di bawah, Hilaal yang muncul di Adelaide pada jam 6.30 PM waktu Adelaide , kelihatan sebagai bulan baru di Inggris pada saat itu yaitu jam 10.15 AM waktu Inggris. Walaupun berbeda penampakan di muka bumi, bulan yang terlihat di Adelaide dan Inggris adalah bulan yang sama.

 

Kalau menggunakan penampakan Hilaal untuk memulai bulan baru, bisa dipastikan setiap bagian bumi akan memiliki tanggal yang berbeda. Sebuah tanggal tidak bisa mewakili dua hari yang berbeda. Ini bakalan menimbulkan kebingungan di kalangan umat Islam. Kita memiliki tanggal dan hari yang sama untuk seluruh dunia.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s