Benarkah Roh Bisa Kembali Ke Dunia?

Apa pendapat anda, bisakah roh kembali ke dunia? Kalau melihat filem-filem barat, memang roh bisa kembali ke dunia terutama kalau roh itu mati secara tidak wajar. Sayangnya filem-filem Indonesia juga banyak menggambarkan kembalinya roh ke dunia manusia. Akhirnya banyak orang Islam yang percaya dengan konsep tersebut. Hal ini sebenarnya bisa mencemarkan aqidah? Betapa tidak, karena takut dengan roh orang mati atau yang biasa dirujuk sebagai hantu,

orang-orang akan berbuat apa saja untuk mengusir hantu-hantu tersebut. Entah memakai jasa para dukunlah, memakai jimatlah, atau malah mengadakan acara pemanggilan roh.

Salah satu berita dari harian-aceh.com, membuat saya memutuskan untuk membersihkan salah paham mengenai roh tersebut. Ini petikan berita tersebut:

Berbekal petunjuk kerasukan roh, kerangka korban pembunuhan berhasil ditemukan, Sabtu (22/11) sekitar pukul 12.15 WIB. Kerangka Bukhari, warga Matang Lada, Kecamatan Seunudon, Aceh Utara, yang menghilang sejak empat tahun lalu itu ditemukan di belakang rumah Mariam Madha, 65, warga Gampong Ulee Rubek Timue, Kecamatan Seunudon.

Benarkah Roh Bisa Kembali ke Dunia?

Apabila roh sudah berpisah dari tubuh, maka ia akan berada di alam yang dinamakan Barzakh. Roh tersebut tidak akan mampu balik lagi ke dunia. Jadi tidak benar kalau ada yang mengatakan bahwa roh akan kembali ke rumahnya pada hari-hari tertentu. Mungkin ada yang berkata “Tapi suara mereka betul-betul mirip dengan si mati”. Ulama berkata bahwa itu adalah perbuatan Jin dan Syaitan yang menyerupai si mati. Jin yang selalu mengikuti seseorang ini dinamakan Qarin. Tugasnya adalah untuk menggoda orang tersebut. Qarin ini tahu persis setiap kelakuan dari orang yang dilengketinya tersebut.

Apa buktinya kalau Roh tidak bisa kembali? Mudah saja, tinggal baca apa yang Allah katakan di dalam Al’Quran berikut komentar para ulama.

Firman Allah yang artinya : ” Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka ( orang kafir) dia berkata : ” Ya Tuhanku kembalikanlah aku ke dunia, agar aku berbuat amal yang soleh terhadap apa yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak (jawaban Allah), sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya sahaja (janji kosong) . Dan di hadapan mereka ada DINDING (barzakh) sampai hari mereka dibangkitkan” ( Al-Mu’minuun : 99-100).

Imam Mujahid (Tabien dan anak murid Ibn Abbas r.a) dan Ibn Zaid berkata tentang ayat ini : “Barzakh adalah seperti satu tembok yang menghalang orang yang mati kembali ke dunia.”

Firman Allah ertinya : “Allah SWT memegang jiwa (ruh) ketika matinya (seseorang) dan memegang jiwa(ruh) orang yang belum mati di waktu tidurnya, maka Dia tahanlah jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan..” ( Az-Zumar : 42 ).

Jadi jelas bahwa roh berada di dalam genggaman Allah SWT dan Allah tidak membenarkan roh untuk kembali ke dunia.

Ada yang berkata “Saya berjumpa dengan arwah ibu saya di dalam mimpi. Betulkah itu ibu saya atau hanya permainan jin?”.

Jelas ini adalah permainan dari jin yang mendaptkan informasi dari jin Qarin yang telah mengenal ibu anda luar dalam.

Memang ada ulama yang berpendapat bahwa roh orang mati boleh bertemu dengan dengan roh orang hidup ketika sedang tidur yaitu melalui mimpi seperti yang dikatakan oleh Ibn Qayyim (Ar-Ruh), bukannya berjumpa ketika dalam keaadaan terjaga.

Prof Ahmed Azzedine Al-Bayanuny dan Prof. Mohamed Hussin pernah menegaskan bahwa klaim orang-orang Kristen yang bisa bertemu dengan roh si mati dengan teknik jampian khusus adalah penipuan yang menggunakan Jin dan syaitan. (Al-Iman Bil Malaika dan Al-Ruhiya al-Haditha)

Dimana Roh Tinggal Setelah Mati?

Ada beberapa pendapat ulama mengenai hal ini:

  1. Roh Mukmin di dalam Syurga dan Roh kafir di dalam Neraka.
  2. Kedua-duanya berada di dalam kubur mereka. Roh Mukmin di bukakan taman Syurga serta memperoleh nikmatnya, sedangkan roh Kafir di bukakan lobang azab neraka.
  3. Roh Mukmin di alam tinggi (‘illiyyin) di langit ketujuh, sedangkan roh Kafir di ‘Sijjin’ di dunia yang ketujuh terbawah.
  4. Roh para Shuhada’ (mati syahid) berada di Syurga dan Roh seluruh Mukmin lain berada di kuburan mereka.

Jadi kasus menemukan orang mati setelah diberitahu oleh roh si mati ke dalam jasad seseorang tidak lain dan tidak bukan dilakukan oleh jin itu sendiri. Bisa jadi jin Qarin memberikan info mengenai si mati tersebut kepada jin lain yang ingin merasuk ke dalam tubuh orang itu. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah kenapa orang tersebut bermain-main dengan aqidah dengan memanggil roh orang mati?

Diringkas dan ditambah sedikit-sedikit dari:

Majalah I yang ditulis oleh Ust Zaharuddin Abd Rahman

By iemasen Posted in Aqidah Tagged

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s